-->

Wednesday, September 29, 2010

Benteng Van Der Wijk Gombong

Jika anda berkunjung ke Kebumen, tidak ada salahnya anda singgah sejenak ke objek wisata sejarah yakni benteng Van der Wijck. Lokasinya yang cukup dekat dari jalan utama/raya Kebumen-Yogya, yakni sekitar 300 meter, amatlah sayang jika dilewatkan begitu saja. Benteng kuno dengan dominasi warna merah ini cukup menyolok diantara bangunan lain, namun tersamar dari jalan utama mengingat gerbang masuk lokasi wisata ini cukup jauh dari pintu gerbang benteng. Disediakan kereta api mini yang siap mengantarkan pengunjung dari gerbang utama mengelilingi objek wisata bersejarah ini. Anda tidak usah kuatir bahwa berada dilokasi objek wisata sejarah ini, nantinya hanya akan disuguhi bangunan kuno yang cenderung membosankan dan kurang diminati anak-anak.

Merupakan salah satu peninggalan colonial Belanda yang berada di Kompleks Secata A ( Sekolah Calon Tamtama A ) Gombong beralamat di jalan Sapta Marga Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Benteng ini seluruhnya terbuat dari batu bata merah dan memiliki ciri – ciri khusus yang berbeda dengan benteng – benteng lain peninggalan Belanda di Indonesia. Di Benteng inilah Soeharto mantan Presiden Indonesia ke 2 pernah di latih kemiliteranya.



Anda tidak usah kuatir bahwa berada dilokasi objek wisata sejarah ini, nantinya hanya akan disuguhi bangunan kuno yang cenderung membosankan dan kurang diminati anak-anak. Beberapa sarana permainan anak-anak telah dibangun disekitar benteng seperti perahu angsa, kincir putar dan berbagai macam permainan anak lainnya.

Tak ketinggalan juga sebuah patung dinosaurus raksasa ikut dibangun untuk meramaikan suasana dan lebih mengakrabkan dengan dunia anak-anak. Bahkan sebuah stasiun kereta api mini dibangun di bagian atas benteng tepat di atas gerbang utama, memungkinkan pengunjung untuk mengitari sisi atas benteng dengan menggunakan kereta mini.

Di dalam benteng itu sendiri pengunjung bisa melihat beberapa foto dokumentasi seputar bentuk asli bangunan benteng saat ditemukan dan tahap-tahap pemugaran yang telah dilakukan terhadapnya. Ruangan-ruangan bekas barak militer, asrama, pos jaga bisa dilihat didalam benteng dan semuanya boleh dibilang dalam keadaan rapi dan bersih.

Hanya saja sebuah papan pengumuman yang ditempel dibagian luar benteng berisi “Sebelum masuk benteng sebaiknya anda berdoa sejenak menurut kepercayaan masing-masing”, sempat menimbulkan kerutan di dahi saat membacanya karena berkesan seram. Mungkinkah pernah terjadi hal-hal diluar nalar yang menimpa pengunjung saat berada didalam benteng, seperti kesurupan ?

Benteng Van der Wijck sebenarnya dibangun pada awal abad 19 atau sekitar tahun 1820-an, bersamaan meluasnya pemberontakan Diponegoro. Pemberontakan ini ternyata sangat merepotkan pemerintah kolonial Belanda karena Diponegoro didukung beberapa tokoh elit di Jawa bagian Selatan. Maka dari itu Belanda lalu menerapkan taktik benteng stelsel yaitu daerah yang dikuasai segera dibangun benteng.

Tokoh yang memprakarsai pendirian benteng ini adalah gubernur jenderal Van den Bosch. Tujuannya jelas sebagai tempat pertahanan (sekaligus penyerangan) di daerah karesidenan Kedu Selatan. Pada masa itu, banyak benteng yang dibangun dengan sistem kerja rodi (kerja paksa) karena ada aturan bahwa penduduk harus membayar pajak dalam bentuk tenaga kerja.

Tentu saja cara ini membuat penduduk kita makin menderita apalagi sebelumnya gubernur jenderal Deandels punya proyek serupa yaitu jalan raya pos (Anyer – Penarukan, sepanjang l.k. 1.000 km), juga dengan kerja rodi.
Dilihat dari bentuk bangunan, pembangunannya sezaman dengan benteng Willem (Ambarawa) dan Prins Oranje (Semarang – kini sudah hancur).

Pada awal didirikan, benteng dengan tinggi tembok 10 m ini diberi nama Fort Cochius (Benteng Cochius). Namanya diambil dari salah seorang perwira militer Belanda (Frans David Cochius) yang pernah ditugaskan di daerah Bagelen (salah wilayah karesidenan Kedu).

Nama Van der Wijck, yang tercantum pada bagian depan pintu masuk, merupakan salah seorang perwira militer Belanda yang pernah menjadi komandan di Benteng tersebut. Reputasi van der Wijck ini cukup cemerlang karena salah satu jasanya adalah membungkam para pejuang Aceh, tentunya dengan cara yang kejam. Pada zaman Jepang, benteng ini dimanfaatkan sebagai barak dan tempat latihan para pejuang PETA.

Dilihat dari fisiknya, bangunan yang luasnya 3.606,62 m2 ini sudah mengalami renovasi yang cukup bagus. Sayangnya renovasi ini kurang memperhatikan kaidah konservasi bangunan bersejarah mengingat bangunan ini potensial sebagai salah satu warisan budaya (cultural heritage). (rs)

Monday, September 27, 2010

Pulau Komodo nan Indah

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.
Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.
Pada tahun 1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.

Tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis "New Seven Wonders of Nature" yang baru diumumkan pada tahun 2010 melalui voting secara online di www.N7W.com









10 Jembatan Tertinggi di Dunia


1. MILLAU VIADUCT
Berada pada ketinggian 343 Meter dan dinobatkan sebagai jembatan tertinggi dunia, berada di Prancis, jembatan ini sangat mengesankan bahkan bila di ukur ketinggian nya hampir sedikit menyamai Empire state building, memiliki struktur yang sangat kokoh dan mengagumkan bahkan pernah masuk dalam Channel National Geographic dalam edisi “Megastructure”, di resmikan langsung oleh Presiden Prancis Jacques Chirac dan telah menjadi kebanggan bagi negara Perancis

2. ROYAL GORGE BRIDGE
Jembatan ini berketinggian 321 Meter di atas Sungai Arkansas. Yang merupakan jembatan tertinggi di AS, jembatan gantung tertinggi di dunia. Terletak dekat Canon City, Colorado, Jembatan ini selesai pada tahun 1929, dengan panjang 384 meter,lebar 5 meter dan lebar tergantung dari menara yang tingginya 46 meter. Jembatan ini telah terdaftar dalam Daftar Nasional Tempat Bersejarah dan dibangun terutama untuk tujuan pariwisata

3. AKASHI-KAIKY BRIDGE
Ketinggian nya 298,3 Meter, terbentang diatas di atas Selat Akashi dan menghubungkan kota Kobe di pulau Honshu sampai Iwaya di Pulau Awaji. Selesai pada tahun 1998, ini adalah jembatan terpanjang di dunia kategori jembatan gantung, dengan rentang pusat 1.991 meter

4. NEW RIVER GORGE BRIDGE
Jembatan besar lain di Amerika adalah New river gorge bridge, Berketinggian 267 meter diatas sebuah sungai (nama sungainya adalah New River) Lebih dari 17.000 mobil melintasi jembatan itu setiap hari dan dianggap sebagai jembatan kendaraan tertinggi di Amerika. The New River Gorge Bridge adalah jembatan baja terpanjang sebelum Jembatan Millau di Perancis, jembatan ini sekarang juga dipakai untuk olahraga Extreem Rappelling atau base jumping pada waktu Fayette county festival

5. THE GREAT BELT FIXED LINK
Jembatan ini adalah tertinggi Eropa dan menghubungkan Zealand dengan pulau-pulau Funen di great belt denmark. Selesai pada tahun 1998, memiliki ketinggian 254 m dan terdiri dari sebuah jalan, sebuah terowongan kereta api dan sebuah kotak kayu palang jembatan. Istilah “Jembatan Sabuk Besar” biasanya tergolong ke jembatan gantung. Seperti dalam kasus pembangunan majorbridges lain nya, pembangunannya telah membuka jalan bagi usaha yang lebih baik di daerah. Jembatan ini merupakan jembatan milik Denmark dengan budjet termahal dalam sejarah, yaitu DKK 21.4 Milliar

6. THE GOLDEN GATE BRIDGE
Jembatan gantung elegan ini telah muncul dalam berbagai novel, pertunjukan, film film hollywood. Memiliki ketinggian 227,4 meter dan menghubungkan kota San Francisco dan Marin County. Meskipun menghadapi reaksi keras dan tuntutan hukum, konstruksi jembatan selesai pada 1937. Ini difasilitasi laju pertumbuhan ekonomi di kota dan di daerah sekitarnya. Arsitektur dan kemegahan nya telah melekat dihati semua orang, tidak hanya warga setempat, amerika, tapi semua orang di dunia

7. TATARA BRIDGE
Sekarang giliran Jepang. Jembatan Tatara yang menghubungkan pulau-pulau Jepang Honshu dan Shikoku di seberang Laut Pedalaman Seto dan dikenal memiliki rentang terpanjang dari jembatan kabel lain di dunia. Memiliki ketinggian 220 meter (sampai menara baja) dan memiliki pusat rentang 890 meter. Jembatan mengagumkan Jepang ini dibuka pada tahun 1999. Jembatan ini dibagun hanya dalam waktu 6 tahun dengan konstruksi yang mengagumkan

8.PENANG BRIDGE / JAMBATAN PULAU PENANG
Selain terkenal dengan Petronas Towers nya yang tergolong bangunan tertinggi di dunia, Malaysia membanggakan Jembatan Penang ( orang setempat menamainya jembatan Pulau Penang) sebagai satu dari kehebatan bangunan struktur nasional malaysia. Dianggap sebagai jembatan terpanjang ketiga di dunia, jembatan Penang berdiri 8,4 km di atas air, memiliki empat menara di midspan berdiri 101,5 meter dan membentang 13.5 km dari Seberang Prai di daratan Malaysia sampai Gelugor di Pulau Penang. Butuh waktu 40 tahun sejak awal konsepsi sampai terwujud dan secara resmi dibuka pada tahun 1985. Sekarang jembatan itu melayani lebih dari 70.000 orang per hari dan tetap menjadi sumber kebanggaan bagi Malaysia

9. LE PONT DE NORMANDIE
Jembatan ini berlokasi di Perancis, Panjangnya 2.800 kaki panjang, dengan tinggi 165 meter di atas permukaan air atas Sungai Siene. Pada saat selesai, biaya konstruksi mencapai 465 juta dolar

10.THE VERRAZANO-NARROWS BRIDGE
Dinamai dengan nama penjelajah Italia terkenal Giovanni da Verrazano, jembatan ini memiliki menara tinggi 693 kaki dan memiliki rentang pusat 4.260 kaki (1.298 m). Dibangun tahun 1964 sampai 1981, adalah jembatan gantung terbesar di dunia. Jembatan ini menghubungkan Brooklyn dengan Staten Island dan telah memainkan peranan penting dalam pembangunan kawasan Big Apple tersebut

TV One Online


tvOne

Mivo TV Online









Trans TV Online









SCTV Online









Trans7 Online









Indosiar Online









ANTV Online

Coin Sejarah Rupiah Indonesia

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia


Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

Berikut foto coin jadul sejarah rupiah Indonesia dari masa kemasa hingga saat ini, yang mungkin sebagian dari kamu belum pernah liat dan menangin coin jadul ini beroperasi di pasaran buat membeli. cekit dot.


Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

1-Sen = 1952
Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

5-Sen = 1954

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

10-Sen = 1954

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

10-Sen = 1957

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

25-Sen = 1952

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

25-Sen = 1952

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

25-Sen = 1957

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

50-Sen = 1952 | 1954 | 1957

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

50-Sen = 1958
Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

1-Rupiah = 1970

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

2-Rupiah = 1970

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

5-Rupiah = 1970

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

5-Rupiah = 1974

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

5-Rupiah = 1979

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

10-Rupiah = 1971

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

10-Rupiah = 1974

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

10-Rupiah = 1979

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

25-Rupiah = 1971

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

25-Rupiah = 1991 - 1996

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

50-Rupiah = 1971

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

50-Rupiah = 1991 - 1998

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

100-Rupiah = 1973

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia

100-Rupiah = 1978

Coin Jadul Sejarah Rupiah Indonesia