-->

Wednesday, August 11, 2010

Mitos dan Fakta tentang Hardware : DVD-RW

DVD-RW: Faktor X yang Mempengaruhi Proses Burning



Mitos: DVD-RW 8x dapat melakukan proses burning dua kali lebih cepat dibandingkan DVD-RW 4x dan setengah kali lebih lambat dari DVD-RW 16x.

Kenyataan: Memang benar, nilai x yang terdapat pada CD/DVD-W melambangkan seberapa besar transfer rate-nya. Anda pasti berpikiran seperti berikut: DVD RW 16x menggambarkan waktu yang diperlukan untuk proses burning tersebut adalah 21 MB/second dan akan membutuhkan waktu 3,5 menit untuk menyelesaikan proses burning sebuah media DVD.

Anda salah, tidak ada satu DVD-RW pun yang mampu menyelesaikan proses burning dalam waktu 3,5 menit. Proses burning pada 3,5–4 GB pertama berlangsung lebih lambat, malahan ada sebagian DVD-RW yang mencapai kecepatan maksimum baru pada 100 MB terakhir. Ingin tahu alasannya?

Semua DVD-RW akan mengalami peningkatan kecepatan pada saat proses burning berlangsung, tetapi apabila Anda hanya ingin mengisi setengah dari kapasitas total media DVD Anda, maka DVD-RW tidak akan pernah mencapai kecepatan yang maksimal. DVD-RW yang tercepat memerlukan waktu 5,5 menit untuk melakukan proses burning, itupun kalau media yang digunakan dalam keadaan kosong.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah meskipun dalam paket tertulis 16x DVD + for R/RW, pernyataan tersebut tidak berlaku untuk beberapa tipe media DVD tertentu yang berarti ada beberapa tipe media yang tidak didukung oleh DVD-RW tersebut. Tidak ada DVD yg bisa melakukan proses burning pada media DVD RW atau +RW yang ada saat ini melebihi kecepatan 4x.

Tips: Kebanyakan DVD-RW memerlukan waktu burning sekitar 5,30–6,15 menit. Mungkin terlihat agak lama, tetapi kami yakin bahwa Anda lebih memilih waktu yang lama daripada data hasil burning tidak bisa dibaca sama sekali. Analoginya, semakin cepat DVD-RW melakukan burning, maka semakin besar pula tingkat kesalahan dalam membaca data.

No comments:

Post a Comment