-->

Friday, August 6, 2010

Pengenalan Jaringan Komputer

Postingan kali ini adalah untuk memenuhi tugas kuliah saya yang diberikan oleh dosen saya.Untuk materi yang akan diposting telah ditentukan jadi saya hanya akan memposting sesuai apa yang telah diperintahkan,masih seputar Jaringan komputer.Tapi mudah-mudahan ada juga manfaatnya buat pembaca semua...Amiiiinn.

1. Networking adalah sistem yang terdiri dari kumpulan komputer dan perangkat lainnya yang saling dihubungkan agar dapat melakukan kegiatan-kegiatan seperti pertukaran data dan melakukan komunikasi dari komputer yang satu ke komputer yang lain,dimana satu komputer sebagai server(sumber data) dan komputer lainnya sebagai client(penerima data).Media transmisinya datanya bisa berwujud kabel ataupun gelombang.

2. Perbedaan LAN,MAN,dan WAN
LAN(Lokal Area Network) merupakan jaringan komputer yang emnghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam satu gedung.Contoh : perusahaan yang menggunakan LAN untuk menghubungkan komputer-komputer pada setiap ruangan dalam kantor yang membentuk workground.
MAN(Metropolitan Area Network) merupaka jaringan yang menghubungkan komputer yang dapat melingkupi sebuah kota.Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN.Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km.contoh :mesin ATM antar Bank.
WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan wilayah kerja yang lebih luas mencakup sebuah negara atau benua.WAN adalah kumpulan dari LAN dan atau workground yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan internet.Contoh : penggunaan nuklir suatu negara.

3. Alat - alat yang digunakan untuk membuat jaringan
Crimping tool (memotong kabel,melepas pembungkus kabel,memasang konektor,dll).
• Satu buah komputer sebagai server dan satu/beberapa komputer sebagai client.
NIC (Network Interface Card).
Hub/Swicth(mengubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar.Hub merupakan perangkat penghubung yang memiliki 4-24 port plus 1 port untuk ke server atau ke hub lain).
Conecctor RJ 45(merupakan konektor yang akan dipasang pada ujung kabel).
Kabel UTP(digunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP).
LAN Card/Modem (LAN Card berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.Modem dugunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya).

4. Topologi
Topologi adalah suatu sistem yang dirancang sedemikian rupa untuk menghubungkan antara komputer yang satu ke komputer yang lainnya yang dibuat berdasarkan kegunaan dan keterbatasan biaya.Jenisnya ada banyak beberapa contohnya adalah: Topologi Bus., Topologi Star, Topologi Ring, dll.

5.Fungsi Jaringan
• Fungsi Printer Sharing :untuk berbagai fungsi printer dengan komputer/pengguna lain dalam waktu yang bersamaan dalam satu server.
• Fungsi File Sharing :untuk berbagi/mengijinkan pemakaian file oleh beberapa pengguna pada saat yang bersamaan dalam satu server.
• Fungsi Internet Sharing :menggunakan internet secara bersama-sama dengan satu server.
• Fungsi Communication :Menghubungkan system pengoperasian global antar sistem informasi/jaringan komputer ataupun penyelenggara jasa.

6.Cara memeriksa koneksi dari PC ke Router
Caranya adalah :-klik start - klik run - ketik 192.168.1.1

7. Kelemahan Media Transmisi Jaringan
• Kelemahan dari penggunaan kabel : - Instalasinya cukup rumit,- Tidak flexible,- Harga relatif mahal,- Jika diletakkan di bawah rawan terhadap gangguan yang mengakibatkan putusnya hubungan.
• Kelemahan dari penggunaan infrared :- Setiap device harus bertatap muka langsung,karena infrared menggunakan sinyal terarah dan biasanya hanya 30 derajat,- Kecepatannya sangat terbatas,- Jarak yang sangat terbatas dan tidak flexible.
• Kelemahan dari penggunaan Wi-fi(hotspot) :- Karena wireless menggunakan gelombang,maka akan lebih mudah untuk di hack,-Jika digunakan dalam waktu yang bersamaan dengan perangkat lain maka akan terjadi bentrok antara perangkat yang satu dengan perangkat lainnya,- Kecepatan transfer data lebih lambat,- Rentan terhadap gangguan sinyal.
• Kelemahan dari penggunaan Bluetooth :- Pendeteksian memakan waktu yang lama,- Jangkauan yang relatif pendek,-Rentan terhadap gangguan gelombang bagi kawasan yang sesak.

8. Fungsi Server dan Client
• Fungsi Server :- Mengontrol akses ke jaringan,- Penyimpanan data atau file,dan dapat membuat data atau file tersebut dapat diambil kembali saat dibutuhkan,-Mengelola perangkat (sumber daya) yang terdapat di dalamnya,misalnya printer,-Memberikan akses kepada workstation yang menjadi anggota jaringan (workstation yang tersambung ke jaringan),- Dapat mengkoneksikan komputer client ke internet.
• Fungsi Client :- Menerima data dari server,- Menampilkan dan menjalankan aplikasi(software komputer)

No comments:

Post a Comment