-->

Saturday, August 7, 2010

Tips Merawat Harddisk


Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi. Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa. Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.

Di sini saya ingin sharing, bagaimana caranya untuk merawat harddisk agar tetap awet, bisa bertahan lama, tetap aman untuk digunakan (maksudnya datanya tidak hilang). Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat harddisk:

1.Install lah sebuah antivirus untuk berjaga jaga apabila nantinya ada virus yang menyerang dan merusak data anda. Kalo bisa antivirusnya harus rutin di update.

2.Usahakan untuk selalu melakukan backup data yang penting.

3.Gunakan scandisk untuk mengecek apakah ada badsector didalam harddisk.

4.selalu lakukan Defragment paling tidak 2 minggu sekali agar data data di dalam harddisk selalu tersusun rapi.

5.Gunakan Software pihak ketiga untuk membersihkan junk file, duplikat file, dan recycle bin. Anda bisa menggunakan System Cleaner.

6.Jangan terlalu sering mencabut dan memasang kembali harddisk kedalam CPU. Karena Harddisk sangat sensitive. Jika terkena goncangan, maka data data didalam harddisk terancam hilang.

7.Jangan menyimpan data terlampau banyak. Maksudnya jangan sampai free harddisk sampe tinggal beberapa kylobyte. Tapi berilah ruang sedikit agar harddisk tidak terlalu sesak setidaknya sisakan sekitar 20 MB. Apabila anda menggunakan OS Windows biasanya akan muncul warning jika harddisk kita terlampau penuh.

8.Uninstall program program yang tidak berguna agar tidak memberatkan harddisk.

9.Pakailah UPS atau Stavolt. Gunanya jika kita menggunakan UPS adalah apabila sewaktu kita sedang menggunakan komputer tiba tiba listrik padam, komputer tidak akan langsung mati. Jadi kita bisa menyimpan dulu data baru dimatikan. Komputer yang tiba tiba mati tanpa di shutdown terlebih dahulu akan membuat harddisk cepat rusak.

10.Ventilasi yang cukup. Jangan meletakkan CPU di tempat yang terlalu sesak atau sempit. Karena bisa membuat udara tidak bisa keluar sehingga menyebabkan harddisk menjadi cepat panas. Jadi sebaiknya pilih CPU yang memiliki banyak kipas dan tempatkan di tempat yang agak luas.

11.Jangan terlalu sering memformat hardisk karena harddisk akan cepat menua (umurnya pendek. Dan juga kapasitas harddisk akan berkurang.

12.Hindari penggunaan Deepfreeze atau semacamnya, jika memang menggunakan hindari untuk sering membuka dan meutup deepfreeze karena memperpendek umur harddisk.

SEMOGA BERMANFAAT...

No comments:

Post a Comment