-->

Wednesday, August 11, 2010

Mitos dan Fakta tentang Hardware : Motherboard

MOTHERBOARD: Produk Terbaru Tidak Selalu Lebih Bagus





Mitos: Chipset dan teknologi–teknologi baru yang ada pada produk motherboard sekarang ini dapat mempermudah Anda dalam bebagai hal, seperti fasilitas setting BIOS,update BIOS, automatic overclocking, mendukung multi-processor, Dual-Channel, support 64-Bit, kompatibel dengan berbagai tipe processor, dan lain sebagainya.

Kenyataan: Memang tidak dapat dipungkiri bahwa motherboard dengan chipset dan teknologi yang baru mempunyai lebih banyak fitur tambahan. Tapi kita terkadang malah dibikin pusing dengan fitur-fitur tersebut, terutama bila memakai produk yang baru. Mainboard produk terbaru yang menggunakan Chipset keluaran baru masih mempunyai banyak bug, contohnya chipset Intel i915P.

Kami mencoba melakuan pengetesan pada motherboard ber-chipset Intel i915P, seperti biasa kali pertama pasti akan dihadapkan pada setting BIOS. Nah, di sinilah kami menemukan kejanggalan. Pada BIOS default, nilai clock southbridge tidak bisa diubah sama sekali. Hal ini sangat mempengaruhi kestabilan dari motherboard tersebut dan menurunkan kinerja dari motherboard tersebut cukup jauh. Meskipun masalah tersebut akhirnya dapat terselesaikan dengan cara meng-update BIOS.

Pada tes hardware lainnya yang kami lakukan, kami membuktikan bahwa motherboard dengan chipset Intel i915P dan Intel i925X jauh lebih bagus daripada motherboard keluaran terbaru dengan chipset Intel i945P dan Intel i955X. Dari hasil tes tersebut, bisa disimpulkan bahwa produk terbaru tidak selalu lebih bagus bila dibandingkan produk lama.


Tips:
• Urungkan niat Anda membeli motherboard yang baru saja diluncurkan, karena masih rentan terhadap bug. Apabila Anda bersikeras, carilah produk motherboard baru yang memakai chipset satu tingkat di bawahnya, tetapi dengan fitur dan teknologi terbaru.
• Ikuti terus “Hardware Test” di PC Media tentang motherboard.

No comments:

Post a Comment