-->

Wednesday, August 11, 2010

Mitos dan Fakta tentang Hardware : Processor

PROCESSOR: Clock Speed Bukan Segalanya



Mitos: Clock Speed yang dicantumkan pada processor AMD maupun Intel menjadi ukuran seberapa hebat processor tersebut.

Kenyataan: Kemampuan suatu processor tidak semata berasal dari kapasitas clock speed-nya saja, tapi processor/model number juga berpengaruh besar. Intel menggunakan tiga digit angka dengan sebutan processor number, sedangkan AMD menggunakan empat digit angka yang diakhiri dengan tanda plus dengan sebutan model number pada masing-masing produknya.
Untuk Intel sendiri, komposisi dalam menentukan procesor number mengacu pada arcitechture, cache, clock speed, FSB, dan teknologi intel yang lain. Di lain pihak, AMD menentukan model number mereka melalui standar benchmark dari AMD sendiri yang mampu memberikan hasil secara akurat.

AMD beranggapan bahwa prosesor yang bekerja dengan clock lebih kecil akan lebih efisien daripada memakai clock yang besar. Maka mereka menciptakan processor dengan dengan memperbesar jumlah MIPS (Million Instruction Per Second) dan 3DNow! sehingga proses dalam menjalankan suatu aplikasi menjadi lebih cepat.


Sebaliknya dengan Intel, mereka menciptakan prosesor dengan clock yang tinggi yaitu dengan cara memperbanyak pipeline dan SSE (Streaming SIMD Extensions) pada processor mereka. Sehingga dengan teknologi tersebut, processor dapat menerima banyak intruksi dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kita dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan dan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Kecepatan dalam membuka suatu aplikasi juga dipengaruhi oleh setting OS, CPU usage tiap aplikasi, dan sebagainya.

Tips: Saat membeli PC atau notebook, pastikan Anda selalu memeriksa kemampuan PC atau notebook tersebut secara keseluruhan, paling tidak mengetahui spesifikasi detail perihal PC atau notebook tersebut. Ingat! clock speed bukan segalanya.

No comments:

Post a Comment